14 Jun 2020 15.27.35 - Adm

Tahu Kuningan, Lembutnya Bikin Lidah Terus Bergoyang

2. Tahu Kuningan

KUNINGAN - Tak lengkap rasanya kalau anda berkunjung ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat tidak merasakan empuknya tahu Kuningan. Selain dikenal sebagai sentra pertanian dan wisata, Kuningan juga dikenal sebagai pusat berbagai macam kuliner.Salah satunya yang diburu wisatawan adalah tahu.

Diantara sentra produksi tahu yang terkenal adalah produksi tahu Koperasi Pemuda Cikentrungan (Kopeci). Tepatnya di Blok Cikentrungan atau sering juga disebut Blok Lamping, Lingkungan Pasapen 3, Kecamatan Kuningan kota.  

Tidak hanya di satu kios, kios-kios lainnya berderet di tepi ruas jalan provinsi penghubung Kuningan-Ciamis, yang selama ini lebih fokus memasok tahu kepada para pedagang pasar tradisional, dalam beberapa tahun terakhir juga sering kali turut dijubeli pembeli.

Empuknya Tahu Kopeci, memang bisa bikin lidah bergoyang. Pasalnya tahu Kopeci khas Kuningan memiliki isi lebih padat disbanding jenis tahu serupa misalnya tahu khas Sumedang yang tidak memiliki isi.

4. Tahu Kuningan

Selain tahu, sebagai pelengkap para pedagang juga menyediakan lontong dan susu kedelai, yang akan membuat santapan tahu khas Kuningan ini kian nikmat.

Gigitan pertama terasa renyah dan ranum di luar, gigitan kedua terasa gurih dan lembut memberikan rasa sensasi hangat dan enak di mulut. Gigitan selanjutnya, lidahoun tak mau berhenti bergoyang. 

Tak hanya Tahu Kopeci, bila melanjutkan perjalanan menuju arah Cirebon maka banyak dijumpai jejeran rumah makan bermenu utama tahu. Yang menarik, ada beberapa rumah makan yang mengkombinasikan tahu dengan susu sapi, sehingga munculah varian baru yang bernama tahu susu.

Rasanya lebih gurih dengan rasa susu sangat terasa di lidah. Disantap dalam kondisi masih panas akan menambah kelezatan makanan yang berbahan baku kacang kedelai ini.

1. Tahu Kuningan

Kedai-kedai yang menjual Tahu Kuningan ini cukup ramai oleh pembeli terutama pada masa liburan lebaran, liburan sekolah atau liburan nasional. Bahkan pembeli yang sebagian besar berasal dari luar kota ini kadang sampai memacetkan jalanan karena banyaknya mobil yang terparkir rapi di bahu jalan yang tidak terlalu lebar ini.

Anda ingin mencoba? Silahkan langkahkan kaki anda ke kota yang terletak di lereng Gunung Ciremai ini. Selamat bernyam-nyam ria. (Irgun)