26 Agu 2019 17.29.04 - Adm

LPM IAIN Syekh Nurjati Gelar Pelaksanaan Uji Publik dan Seminar Integrasi Keilmuan

 WhatsApp Image 2019-08-26 at 17.21.58

KESAMBI- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar “Pelaksanaan Uji Publik dan Seminar Integrasi Keilmuan” di salah satu hotel By Pass Cirebon selama dua hari. Senin – Selasa, (26-27/8/2019).

Ketua LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. Kartimi, menerangkan acara pelaksanaan uji publik dan seminar integrasi keilmuan ini adalah sebagai tindak lanjut FGD model integrasi keilmuan yang telah dilakukan sebelumnya.

“Beberapa waktu yang lalu kita sudah mengadakan focus group discussion (FGD) model integrasi keilmuan dan hari ini kita uji publik setelah menghasilkan beberapa model integrasi keilmuan hasil dari FGD tersebut”, ujarnya.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Sumanta Hasyim, mengatakan acara pelaksanaan uji publik dan seminar integrasi keilmuan ini bisa  menghilangkan dikotomi ilmu umum dan ilmu agama dalam kurikulum serta metode pembelajaran di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“Integrasi keilmuan ini adalah upaya kita untuk menghilangkan dikotomi ilmu. Dalam konteks integrasi, ilmu agama dan ilmu umum seharusnya menyatu dan jargon yang diusung oleh kita adalah ‘Muhsin Sejati’ dan ini merupakan bentuk integrasi keilmuan yang ada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” paparnya.

Sumanta menambahkan implementasi  pelaksanaan uji publik dan seminar integrasi keilmuan ini merupakan upaya nyata IAIN Syekh Nurjati Cirebon menciptakan dialog sains dengan agama sebagai model integrasi ilmu.

“Tentunya dengan tujuan melahirkan para profesional yang dapat memahami ilmu sains dan ilmu agama dengan sama baiknya,” imbuhnya. (S-4)