6 Mei 2020 15.57.03 - Adm

Kodim 0615 Kuningan Bubarkan Ritual Penarikan Uang Gaib

WhatsApp Image 2020-05-06 at 09.18.42

Suryacirebon, KUNINGAN - Kodim 0615 Kuningan berhasil menggeledah dan membubarkan sekelompok orang tak dikenal yang diduga akan melakukan ritual yang dianggap menyesatkan di Jalan Cut Nyak Dien, Lingkungan RT 07 RW 01, Kelurahan Ciporang, Kecamatan Kuningan, Selasa (5/5/2020) malam.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, penggeledahan dan pembubaran ini berawal dari laporan warga setempat yang merasa curiga dengan adanya sekelompok orang tak dikenal yang berada di rumah milik H. Jojo yang akan dijual.

"Iya betul, tadi malam sekitar pukul 22.00 WIB ada anggota Kodim 0615 Kuningan yang telah berhasil membubarkan sekelompok orang tak dikenal berjumlah 6 orang di dalam rumah kosong milik H. Jojo warga lingkungan RT 07 RW 01 Kelurahan Ciporang," kata salah satu warga setempat yang enggan disebutkan namanya kepada bingkaiwarta.com, Rabu (6/5/2020).

Ia menjelaskan, awalnya warga merasa resah dan curiga dengan keberadaan enam orang tersebut yang diperkirakan sudah lima hari tinggal di rumah H. Jaja tanpa melapor terlebih dahulu kepada ketua RT setempat.

"Kami merasa curiga dan resah khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena setelah saya cek ke ketua RT, mereka tidak ada melapor terlebih dahulu untuk ijin masuk tinggal di wilayah ini. Dan, yang membuat saya curiga itu adanya informasi dari pemegang kunci rumah tersebut, bahwa didalam rumah itu terdapat sesajen berupa bakaran lilin dan dupa," terangnya.

Dengan demikian, ia meyakini jika sekelompok orang tak dikenal itu telah melakukan kegiatan ritual yang tidak sehat dan bisa menyesatkan umat Islam di sekitarnya.

"Saya mendapat informasi dari salah satu pelaku katanya ritual tersebut dilakukan untuk menarik uang dari alam ghaib. Akhirnya, saya melaporkan kejadian ini ke Kodim 0615 Kuningan," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0615 Kuningan, Letkol Czi Carter Joyi Lumi membenarkan adanya penggeledahan dan pembubaran yang dilakukan oleh anggota Kodim 0615 Kuningan terhadap sekelompok orang tak dikenal.

"Betul. Setelah kita melakukan pendalaman oleh Unit Intel Kodim atas informasi warga tersebut, maka tadi malam sekitar pukul 21.30 WIB kita berkoordinasi dengan Piket Provost Kodim 0615 Kuningan, Babinsa dan Ketua RT 07 RW 01 serta Tokoh pemuda untuk mendatangi rumah yang dijadikan tempat ritual dan pukul 22.00 WIB anggota melakukan penggeledahan dan pembubaran kegiatan tersebut," jelas Dandim 0615 Kuningan.

Dandim Joy Lumi mengatakan, alasan kelompok tersebut bisa menempati rumah itu, karena akan membeli rumah tersebut tetapi sudah janji beberapa kali untuk melakukan pembayaran selalu diundur.

"Masyarakat mencurigai adanya kegiatan ritual yang tidak sehat serta khawatir adanya masyarakat yang terpengaruh dengan kegiatan tersebut. Apalagi setelah mendapatkan informasi bahwa kegiatan ritual tersebut untuk menarik uang dari alam gaib," kata Dandim.

Dari hasil penggeledahan tersebut terdapat empat warga luar Kuningan asal Kabupaten Ciamis danĀ  dua warga Kuningan.

"Dari keterangan pelaku, mereka melakukan ritual menggunakan sesaji tersebut dengan alasan untuk mengusir mahluk halus di rumah tersebut karena akan dibeli oleh salah satu pelaku yang merupakan warga Kuningan tetapi tidak kunjung dibayar," imbuhnya.

Kegiatan ritual tersebut akhirnya dibubarkan terkait pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Kuningan dan dikhawatirkan kegiatan tersebut merupakan aliran sesat.

"Para pelaku sudah diperintahkan untuk kembali ke daerahnya masing-masing," tandas Dandim Joy Lumi. (Abel)