9 Jul 2019 23.09.15 - Adm

Galian C milik Al Azhariyah Gunung Kuda Longsor, Satu Orang Tewas di TKP

Argasunya 1

DUKUPUNTANG-  Galian C milik Yayasan Al Azhariyah Gunung Kuda Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon  longsor mengakibatkan satu orang tewas di tempat, Selasa (9/7/2019) sekira pukul 14.10 WIB.

Korban naas itu bernama Dede (30), warga Blok II Wanggung Wangi, Desa Girinata, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Korban diketahui memiliki istri yang sedang hamil dan sudah waktunya untuk melahirkan.

Argasunya 4

Kronologis kejadian berawal sekitar pukul 13.30 WIB terjadi tanah longsor tanpa diketahui yang mengakibatkan tertimbunnya satu unit Beco yang lagi bekerja mengambil batu dengan operator berada di luar hingga tertimbun material longsoran dalam upaya menyelamatkan diri dan meninggal ditempat.

Korban berhasil dievakuai dan dibawa ke RS. Gunung Jati Cirebon oleh Anggota Polsek Dukupuntang Polres Cirebon. Kasus longsong tersebut sudah ditangani pihak kepolisian Polres Cirebon.

Lokasi kejadian merupakan galian C milik Yayasan/Kopontren Al Azhariyah yang beralamat di Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka yang dikelola dua pengusaha, yakni H. Karim dan H. Rudi.

Argasunya 3

Diktahui, ijin pertambangan dari pengelolaan lahan galian C tersebut sudah habis masa berlakunya namun masih berjalan.

Polisi menyebutkan, belum ada pernyataan siapa yang akan bertanggung jawab atas kejadian tersebut yang menimbulkan korban jiwa. Sementara lokasi galian tersebut ditutup sementara dan tempat kejadian terpasang pembatas berupa garis polisi.

Dikatakan petugas, dengan izin usaha penambangan yang masa berlakunya sudah habis namun masih beroperasi merupakan hal yang patut dipertanyakan terkait pengawasan dari dinas atau badan terkait dalam perizinan dan penambangan khususnya galian C tidak optimal. (S-2)